© 2019 Surgy Medika

Partner

Kirim Pesan

Kontak Kami

0812 1111 7581 atau 0812 8482 0188

Hymenoplasty

 

Adalah operasi rekonstruksi selaput dara, sebuah prosedur bedah untuk merekatkan kembali sobekan pada selaput dara menggunakan jahitan

*gambar di atas diambil dari internet, adalah ilustrasi dan hanya untuk kepentingan edukasi, bukan jaminan hasil akhir

Tanya Jawab Hymenoplasty

Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri

Dalam kultur masyarakat Indonesia yang masih sangat menjunjung tinggi keperawanan seorang wanita, maka rusaknya selaput dara atau hymen bisa jadi masalah besar bagi sebagian wanita. Ketakutan jika sampai pasangan hidup tahu bahwa selaput daranya telah robek karena bermacam penyebab –bukan hanya seks di luar nikah– akhirnya mendorong beberapa diantaranya untuk melakukan hymenoplasty.

 

Apa itu Hymenoplasty?

 

Hymenoplasty atau operasi rekonstruksi selaput dara adalah sebuah prosedur untuk kembali merekatkan selaput dara yang terdapat pada bibir vagina menggunakan jahitan. Jahitan yang diterapkan adalah jenis jahitan yang larut/dissolvable sehingga secara kasat mata tidak akan terlihat dan tidak perlu dilepas pasca operasi. Dengan kembali merekatnya hymen, maka rasa sakit dan pendarahan saat melakukan hubungan seksual pun dapat terjadi kembali

 

Kapan Himenoplasti dilakukan?

 

Hymenoplasty dilakukan pada pasien dengan indikasi sosioekonomi. Beberapa indikasi dilakukannya hymenoplasty antara lain. 

  1. Persiapan pra nikah

  2. Trauma  hymen akibat jatuh dll

  3. Korban pemerkosaan

  4. Pekerjaan, seperti pemeriksaan kesehatan tentara

 

Apa kontraindikasi Himenoplasti?

 

Kontraindikasi bedah minor secara umum seperti alergi obat bius lokal, gangguan perdarahan

 

Pasien pasca melahirkan normal 

 

Tags:

Himenoplasti murah Hymenoplasty biaya Jakarta, Bandung, Palembang, Surabaya, Medan, Semarang, Jogja, 

Bagaimana prosedur Hymenoplasti dilakukan?

 

Prosedur hymenoplasti merupakan operasi kecil, yang dapat dilakuan dengan pembiusan lokal, dan hanya sekitar 25-45 menit tanpa rawat inap (one day care).

 

Waktu pemulihan setelah operasi sampai selaput kuat adalah sekitar 4-6 minggu.

 

Apa komplikasi tindakan Hymenoplasty?

 

Prosedur Hymenoplasti hanya menyambung kembali hymen yang robek, sehingga seharusnya tidak mengganggu fungsi dari organ vagina dan saluran kencing. Namun, sebagai bentuk tindakan yang invasif, prosedur hymenoplasti tetap memiliki risiko komplikasi, seperti nyeri, berdarah, scar (bekas luka), dan infeksi, namun keadaan tersebut jarang sekali terjadi

Persiapan sebelum tindakan Hymenoplasti?

1. Cukur bulu kemaluan sampai habis

2. Puasa 3 jam sebelum tindakan

3. Periksa lab bila ada kondisi yang memerlukan

Kapan waktu yang tepat untuk Himenoplasti?

1. Hymenoplasty sebaiknya dilakukan setelah lewat sebulan dari trauma di hymen akibat hubungan seksual/lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk menunggu peradangan akibat trauma hilang.

2. Pasien yang memang secara seksual aktif wajib berkomitment untuk tidak berhubungan seksual/masturbasi lagi setelah prosedur.

3. Luka pasca operasi membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk kembali pulih, sehingga dibutuhkan jarak antara prosedur operasi sekurang-kurangnya / setelat-telatnya 2 bulan dari tanggal pemeriksaan kesehatan keperawanan / tanggal pernikahan.